KARTINI PEBRIYANTI, 125020012 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK ( Studi Kasus Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negri 1 Rengasdengklok ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK fix.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I acc.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II acc.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text
BAB III acc.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
BAB IV on going.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
Dapus skripsi.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dikelas X SMA NEGRI 1 RENGASDENGKLOK), Dilatar belakangi oleh Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk menghadapi persaingan global maka dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan yang berkualitas tinggi yang memiliki keahlian Pendidikan formal di sekolah kurang memaksimalkan serta mengembangkan pemikiran tingkat tinggi yakni berpikir kritis dan berpikir kreatif. Pendidikan formal kurang mengembangkan pemikiran kreatif sehingga menjadikan peserta didik tidak mempunyai pemikiran kreatif. Peserta didik mempunyai kemampuan berpikir dasar, serta memiliki hapalan yang sesuai dengan buku tanpa memahami maksud dari proses pembelajaran. hal ini mengakibatkan peserta didik malas untuk berfikir untuk mengembangkan kemampuannya dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh tenaga pendidik. Metode yang digunakan dalam memperoleh data adalah menggunakan program exel serta menggunakan perhitungan manual yang sesuai dengan rumusyang telah tersedia dalam statistik penelitianserta telaah pustaka dan observasi. Hasil data peningkatan berpikir kreatif peserta didik diperoleh dari hasil pre-tes dan postest yang berbentuk essay. Terdapat peningkatan berpikir kreatif peserta didik pada kelas eksperimen dari post-test - pre-tes adalah 15,31% untuk kelas kontrol dari post-test - pre-tes adalah 11,44% maka hipotesis yang dihasilkan adalah terdapat peningkatan positif dari penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan berpikir kreatif peserta didik. Kesimpulan Hipotesis yang dirumuskan bahwa “Adanya pengaruh penggunaan model pembelajran problem based learning terhadap peningkatan berfikir kreatif pesera didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Rengasdengklok” dengan materi pembelajaran kebtuhan dan kelangkaan yang dapat diterima, hal tersebut dibuktikan oleh uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Sebagai akhir penelitian penulis merekomendasikan model pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan berpikir kreatif peserta didik, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Model problem based Learning, Peningkatan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 03:33 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 03:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14322 |
Actions (login required)
View Item |