Pengukuran Kesiapan Pengguna Terhadap Penerapan Internet of Things menggunakan Technology Readiness Index (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Pasundan)

REZA ADITYA PATRAWAYU, 123040132 and Iwan Kurniawan, DS and ANGGORO ARI NURCAHYO, DS (2017) Pengukuran Kesiapan Pengguna Terhadap Penerapan Internet of Things menggunakan Technology Readiness Index (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrak_123040132.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1_123040132.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_dll_123040132.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keberhasilan penerapan teknologi baru pada sebuah institusi atau organisasi sangat ditentukan oleh faktor kesiapan pengguna, seperti halnya kesiapan pengguna terhadap penerapan Internet of Things di Teknik Informatika Universitas Pasundan. Pengguna yang dimaksud adalah Mahasiswa, Dosen, dan Karyawan yang merupakan pengguna Internet of Things khususnya di Teknik informatika Universitas Pasundan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kesiapan pengguna terhadap penerapan Internet of Things, Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Technology Readiness Index dikenal dengan TRI, metode TRI diperkenalkan pertama kali oleh Parasuraman (2000), yang sering digunakan untuk mengukur kesiapan organisasi terhadap penerapan teknologi baru. TRI merupakan indeks untuk mengukur kesiapan pengguna untuk menggunakan teknologi baru demi mencapai tujuan sehari-hari dan pekerjaan, variabel TRI yang digunakan dalam penelitian ini adalah optimisme, inovatif, ketidaknyamanan, dan ketidakamanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditentukan bahwa kesiapan pengguna terhadap penerapan internet of things, secara umum berada pada tingkat yang siap dengan nilai indeks opimisme dan inovatif sedikit lebih baik dibandingkan indeks ketidaknyamanan, dan ketidakamanan. Kata kunci : kesiapan, internet of things, teknologi, technology readiness index.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2016
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 09 Jan 2017 08:32
Last Modified: 09 Jan 2017 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item