PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEAMANAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) BERDASARKAN ISO 27001:2005 (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Pasundan)

MUHAMMAD WAHYU HERNAWAN, 123040050 and Iwan Kurniawan, DS and Ferry Mulyanto, DS (2017) PERANCANGAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEAMANAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) BERDASARKAN ISO 27001:2005 (Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Awal.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Ada prinsip dalam dunia keamanan jaringan yang berbunyi, kekuatan sebuah rantai tergantung dari sambungan yang terlemah dalam sebuah sistem jaringan komputer? Ternyata jawabannya adalah manusia. Walaupun sebuah sistem telah dilindungi dengan piranti keras dan piranti lunak canggih penangkal serangan seperti firewalls, anti virus, dan lain sebagainya, tetapi jika manusia yang mengoperasikannya lalai, maka keseluruhan peralatan itu tidaklah ada artinya. Penyusunan SOP(Standar Operasional Prosedur) ini dirancang agar dapat membantu mengurangi masalah keamanan informasi organisasi, sehingga dapat meminimalisir terjadinya ancaman/resiko yang dapat merugikan pihak Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung. Dalam menyelesaikan tugas akhir ini dilalukan beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi masalah yang ada, melakukan studi literatur, menganalisis kemanan Sumber Daya Manusia saat ini dan merancang SOP(Standar Operasional Prosedur) berdasarkan permasalahan dan kebutuhan yang ditemukan. Hasil dari tugas akhir ini merupakan Perancangan SOP (Standar Operasional Prosedur) Keamanan Sumber Daya Manusia Berdasarkan ISO 27001:2005. SOP (Standar operasional Prosedur) ini diterapkan untuk menjaga kemanan informasi dari berbagai macam ancaman/resiko, rancangan yang telah dikerjakan diharapkan dapat berguna diwaktu yang akan datang dan dapat membantu pihak Fakultas teknik untuk menjaga kemanan informasi. Kata kunci : Fakultas Teknik, Keamanan, Sumber Daya Manusia, Informasi, SOP(Standar Operasional Prosedur), Ancaman/Resiko, Perancangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:26
Last Modified: 03 Jan 2017 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item