UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN FUNGSI EKSPONEN DAN LOGARITMA

YENNY ERMAYANTI, NPM. 148060058 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA KELAS X IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN FUNGSI EKSPONEN DAN LOGARITMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL YENNY ERMAYANTI (148060058).docx

Download (133kB)

Abstract

Yenny Ermayanti. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA kelas X IPA Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Fungsi Eksponen dan Fungsi logaritma. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan apakah pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan model penemuan Terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, apakah kemandirian belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model penemuan Terbimbing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, bagaimanakah gambaran mengenai kemandirian belajar siswa pada pembelajaran Fungsi Eksponen dan Logaritma yang mendapatkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing dan pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar siswa. Penelitian didasarkan pada kenyataan bahwa kemandirian belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Metod) Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas X IPA4 dan X IPA5 SMA Negeri 1 Ciruas Tahun Pelajaran 2016-2017 pada pokok bahasan Fungsi Eksponen dan Logaritma. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus atau tujuh pertemuan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: tes kemampuan berpikir kritis matematis yang telah dikonsultasikan dengan dosen, Pedoman wawancara, angket kemandirian belajar siswa dan observasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pembelajaran Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis yang mendapatkan Pembelajaran Penemuan Terbimbing tidak lebih baik dari pembelajaran konvensional. 3) Kemandirian Belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 4). Salah satu gambaran mengenai kemandirian belajar siswa pada materi Fungsi Eksponen dan Logaritma yang memperoleh model pembelajaran Penemuan Terbimbing adalah tingkat kepercayaan diri yang tinggi (Self concept) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 5) Tidak ada korelasi antara kemandirian belajar dengan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Pembelajaran Penemuan Terbimbing,kemampuan berpikir kritis matematis, dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Dec 2016 03:15
Last Modified: 28 Dec 2016 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14212

Actions (login required)

View Item View Item