Aman D. Sitanggang, NPM. 148060015 (2016) IMPLEMENTASI PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
Aman D. Sitanggang.docx Download (55kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerima pembelajaran metode PBL dengan strategi konflik kognitif lebih baik atau tidak ditinjau dari gaya belajar siswa . Oleh kaerena itu, penelitian ini berjudul“Implementasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar”. Gaya belajar siswa berbeda-beda sehingga diperlukan perlakuan yang berbeda dalam setiap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran Concurrent Triangulation. Populasi yang digunakan seluruh kelas VIII dengan sampel dipilih secara acak sehingga terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pretest dan posttest dan non tes berupa angket, lembar observasi, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan di antaranya; 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran metode PBL lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan gaya belajar audio lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetis. Kata kunci : PBL, Gaya Belajar, dan pemecahan masalah matematis
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2016 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 04:42 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 04:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14166 |
Actions (login required)
View Item |