Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Serta Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar siswa

Feny Nurfiani, NPM. 148060012 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Serta Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar siswa. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Penelitian.Feny Nurfiani.148060012.docx

Download (65kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji masalah peningkatan kemampuan komunikasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah serta dampaknya terhadap kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaranKooperatif Tipe Team Asissted Individualization.Metode penelitiannyaberupa penelitianmixed methodstipe Embeddeddengan kuasieksperimenmenggunakandesainpretes-postes. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Ganesha Bandung, adapun sampelnyaadalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol dan kelas VII-A sebagai kelaseksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yaitu 5soal tes kemampuan komunikasi matematikadan kemampuan pemecahan masalah serta instrumen non tes berupaangket kemandirian belajar siswa, angketskalasikapdan lembar observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran konvensional.2) Kemampuan pemecahan masalah matematika ¬siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran konvensional.3) Terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematika dan kemampuan pemecahan masalah terhadap kemandirian belajar siswa.4)Gambaran keandirian siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai berikut :a)Kemandirian belajar siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization yang paling tinggi adalah pada indikator mau berbuat sendiri, dimana siswa sudah lebih mandiri untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan. Tetapi masih lemah dalam indikator menunjukan kepercayaan diri siswa.b)Kemandirian belajar matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional paling tinggi adalah pada indikator bertanggung jawab tetapi di pernyataan negatif,yang artinya siswa kurang bertanggung jawab dalam mengerjakan soal. Sedangkan yang paling rendah di indikator mau berbuat sendiri.Jadi secara umum, kemandirian belajar matematika siswa yang mendapat model pembalajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization tidak lebih baik dibanding dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization, Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Serta Kemandirian Belajar siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:51
Last Modified: 19 Dec 2016 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14163

Actions (login required)

View Item View Item