PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK

JULI RAHMAWANTO, NPM. 148060073 (2016) PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Ilmiah Juli 148060073.docx

Download (99kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika kemampuan pemahaman masalah dan kemampuan pemacahan masalah matematika siswa masih rendah, serta ingin mengetahui dampak dari kecerdasan emosional terhadap pembelajaran matematika. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih memusatkan pada siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam berpikir pada kemampuan pemahaman masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematika, salah satunya yang diasumsikan dapat meningkatkanya yaitu model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional serta ingin mengetahui Dampak terhadap kecerdasan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran (mixed method) tipe penyisipan (Embedded Design). Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berupa soal uraian yang terdiri dari Lima butir soal untuk pemahaman dan Enam butir soal untuk pemecahan selain itu juga diperkuat dengan Angket, wawancara dan lebar observasi untuk mendukung hasil tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK BAKTI NUSANTARA 666 CILEUNYI, sedangkan sampel diambil secara purpose sampling menurut kelas terpilih kelas X RPL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan Uji perbedaan dua rata-rata, Uji korelasi, Uji Anova, Berdasarkan hasil analisis dan hasil pengolahan data diperoleh simpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa lebih baik pada kelas Eksperimen yang menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Serta kecerdasan emosinal siswa lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan pada kelas kontrol. Kecerdasan emosional tidak berdampak pada kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan maslah matematika. Kata Kunci : Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Kemampuan Pemahaman masalah, Kemampuan Pemecahan masalah, dan Kecerdasan Emosional.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Dec 2016 03:11
Last Modified: 18 Dec 2016 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14159

Actions (login required)

View Item View Item