PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMA

Yayu Hafsari Fauziah, NPM. 148060054 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
jurnal tesis yayu.docx

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB 1,.doc

Download (72kB)
[img] Text
BAB 1I.doc

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan representasi dan komunikasi serta ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model penemuan terbimbing untuk kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran langsung di SMA Negeri 1 Ciparay. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi dan komunikasi serta angket minat belajar siswa matematika. Analisis statistik yang dilakukan adalah uji normalitas, Mann Whitney, dan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang mendapat pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model penemuan terbimbing dan pembelajaran langsung dengan memperhatikan minat belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) dan minat belajar tinggi lebih baik diantara minat lainnya . 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran penemuan terbimbing dan minat belajar terhadap kemampuan representasi dan komunikasi matematis siswa. 4) Untuk kemampuan komunikasi tidak terdapat perbedaan yang signifikan, dan minat belajar tinggi lebih baik diantara minat lainnya. 5) terdapat perbedaan minat belajar yang sedang antara kemampuan representasi dan komunikasi sedangkan untuk minat belajar tinggi dan rendah tidak terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Kemampunan Representasi ,Komunikasi Matematis Siswa dan Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Nov 2016 05:18
Last Modified: 14 Jul 2017 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14030

Actions (login required)

View Item View Item