SITI FATIMAH, 085060103 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KONSEP SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS IV SDN MAGUNG IV KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Lembar Pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
lembar pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
Abstrak.rtf Download (54kB) |
|
Text
KATA PNGNTAR&UCAPAN TRIMS.rtf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
Daftar Isi.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB 1.doc Download (84kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (181kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Magung IV Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung dengan subjek penlitian siswa kelas IV dengan jumlah 28 orang penelitian ini didasari rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA yang belum mencapai KKM yang ditetapkan. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan seblumnya diketahui bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah. Guru selalu menempatkan siswa sebagai objek belajar yang kurang berperan aktif dalam pengembangan semua potensi dan kemampuan yang dimilikinya, sehingga kemampuan berpikir siswa rendah. Penlitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui proses pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan, guru dapat memperoleh pengalaman dalam menerapkan dan mengembangkan strategi pembelajaran IPA di SD melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together. Model yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan terakhir tahap refleksi. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yg menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan persentase 66,7% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 35,71% yaitu pada pembelajaran siklus I dengan persentase rata-rata sebesar 64,28%, meningkat pada siklus II dengan persentase rata-rata 92,85%. Hal itu dikarenakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together merupakan strategi belajar yang menuntut keaktifan siswa dalam kelompok dan memungkinkan siswa saling membantu dalam memahami konsep, memeriksa dan memperbaiki jawaban teman sebagai masukan yang bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang lebih optimal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 04:50 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 04:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14016 |
Actions (login required)
View Item |