JUITA NINGSIH, 085060176 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ALAT PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI PATROL 3 KEC. PATROL KAB. INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
CAVER.docx Download (23kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (127kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukaan di SD Negeri Patrol 3 Kec. Patrol Kab. Indramayu bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA masih kurang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti berusaha melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar dan aktivitas siwa melalui penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri, sedangkan bagi guru dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dilakukan di SD Negeri Patrol 3 kelas V tahun ajaran 2012-2013. Berdasarkan hasil pengolahan data dari hasil tes dan lembar observasi pada saat pembelajaran. Hal ini dapat terlihat dari hasil evaluasi pada setiap siklusnya, dimana pada siklus I menunjukkan bahwa hasil pre test yang diperoleh siswa mendapat nilai ketuntasan 38,9% dan hasil post test 66,7%. Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil pre test yang diperoleh siswa mendapat nilai ketuntasan 52,8% dan hasil post test 77,8%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri, karena penggunaan metode ini menitikberatkan kepada keaktifan siswa (student centered) sebagai subjek untuk mencari dan menemukan informasi dalam proses pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas V SDN Patrol 3.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 17:39 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 17:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/14001 |
Actions (login required)
View Item |