MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK KENAMPAKAN ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SDN MERDEKA 5/5 BANDUNG

NUR AZIZAH, 085060141 (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DALAM KELOMPOK SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK KENAMPAKAN ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SDN MERDEKA 5/5 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Keterampilan kerjasama adalah suatu kegiatan sekelompok orang untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas secara bersama- sama. Realitas di lapangan tidak demikian, belum diterapkan cara bekerjasama dengan baik dalam kelompok siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa adalah model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Model pembelajaran ini memiliki kekhasan tersendiri. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan perencanaan pembelajaran IPS, menyusun langkah pelaksanaan pembelajaran IPS, mengetahui peningkatan keterampilan kerjasama siswa, mengetahui respon siswa, dan mengetahui nilai yang dicapai siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN Merdeka 5/5 Bandung. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini adalah dengan menilai aktivitas guru dan siswa, kuis, kerja kelompok, respon dan nilai siswa. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa dalam kelompok pada mata pelajaran IPS topik kenampakan alam. Kata Kunci : Cooperative Learning, Student Teams Achievement Division (STAD) dan Keterampilan Kerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2016 14:53
Last Modified: 04 Nov 2016 14:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item