PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VI PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA - NEGARA TETANGGA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI SDN Tegallega II Kota Bandung )

NANDA MAHARANTO, 105060163 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VI PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA - NEGARA TETANGGA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI SDN Tegallega II Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak, kata, isi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasi l penelitian tentang Penggunaan Model Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Penelit ian ini dilakukan di Kelas VI SDN Tegallega 2 Kecamatan Astanaanyar K ota Bandung . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model Cooperative Sc r ipt dalam pembelajaran IPS di Kelas VI. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatk an hasil belajar siswa melalui penggunaan model Cooperative Sc r ipt dalam pembelajaran IPS di Kelas VI sekolah dasar. Kajian teoritis dalam penelitian ini adalah membahas tentang: (1) Belajar; (2) Pembelajaran; (3) Model Pembelajaran Cooperative ; (4). Model Pembelajaran Cooperative Script ; (5) Hasil Belajar; dan (6) I lmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus berdaur, yaitu siklus diulangi jika tujuan yang dirumuska n belum dicapai secara optimal. Setiap siklus pembelajaran terdiri dari empat tahapan: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan dan Observasi; (3) Analisis dan Interpretasi; dan (4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar tes, lembar obse rvasi, dan lembar wawancara. Instrumen lembar observasi digunakan untuk mengobservasi hal - hal sebagai berikut ini: (1) Rancangan pembelajaran; (2) Tindakan pembelajaran; dan (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran. Lembar tes digunakan untuk mengukur pengua saan konsep ilmiah siswa setelah tindakan pembelajaran. Sedangkan lembar wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dan siswa dalam penguasaan model p embelajaran Cooperative Scrip t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui model p embelajaran Cooperative Scrip t ternyata dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum diadakannya penelitian tindakan kelas. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan mode l p embelajaran Cooperative Scrip t ada peningkatan yang cukup baik sehingga nilai rata - rata siswa adalah yaitu pada data awal 54, siklus I 61, siklus II 71, siklus III 80. Dengan demikian, dengan menggunakan model Cooperative Script , sangat menunjang terhadap partisipasi aktif dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Penggunaan Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa d alam Pembelajaran IPS Kelas V I Pada Materi Kenampakan Alam d an Keadaan ii Sosial Negara - Negara Tetangga di kelas VI sekolah dasar. Hal ini disebabkan dalam penggunakan model Cooperative Script , s iswa dituntut lebih aktif dalam pembelaja ran, dapat menerima keragaman, dapat mengembangkan keterampilan sosial. Kata kunci: Model Pembelajaran Cooperative Script , partis ipa si aktif siswa, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Oct 2016 14:38
Last Modified: 29 Oct 2016 14:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item