MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIWARUGA 1 PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

NURJANAH, 105060322 (2016) MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CIWARUGA 1 PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (20kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi.docx

Download (105kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.docx

Download (11kB)
[img] Text
Motto dan Persembahan.docx

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
ucapan terimakasih 2.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
skripsi jadi bab i-v.docx

Download (954kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Nurjanah, Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Ciwaruga I Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning . Pembelajaran tematik terpadu merupakan suatu proses pembelajaran dengan melibatkan atau mengkaitkan berbagai bidang studi di dalam suatu kegiatan pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi. Didalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik.Adapun masalah yang dihadapi oleh peserta didik yaitu rendahnya kerjasama dan hasil belajar, dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan tradisional. Penggunan model pembelajaran Discovery Learning diharapkan meningkatkan kerjasama dan hasil belajar.Model pembelajaran Discovery Learning merupakan suatu penemuan sebagai suatu prosedur mengajar yang mementingkan pengajaran, perseorangan, manipulasi objek dan lain-lain percobaan, sebelum sampai kepada generalisasi, dimana peserta didik dapat mencari tahu dengan menemukan jawaban dengan cara sendiri. Serta mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, dan pekerja. Tujuan penelitian ini meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pembelajaran 4,5 dan 6 setelah menggunakan model pemebelajaran Discovery Learning. Manfaat penelitian ini adalah agar dapat menambah khazanah keilmuan dan diharap bermanfaat bagi guru, peserta didik, penulis dan lembaga.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus objek penelitian peserta didik kelas IV SDN Ciwaruga I yang berjumlah 28 orang siswa.16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dengan waktu dari tanggal 20 Agustus sampai 22 Agustus 2014. Penelitian dapat dinyatakan tuntas jika kerjasama siswa telah mencapai 80%. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan peningkatan secara signifikan melalui siklus I kerjasama siswa belum mencapai harapan yaitu 62,1%, pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 65% dan pada siklus III sebanayk 76,78%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pemebelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku . Kata Kunci: Kerjasama dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Oct 2016 14:02
Last Modified: 29 Oct 2016 14:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item