PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING ) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ( Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran Empat di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sirnasari Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat )

Ginanjar Rustiana Putra, 105060 128 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN ( DISCOVERY LEARNING ) UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK ( Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran Empat di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sirnasari Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
Pengesahan, MP, Pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan rasa ingin tahu siswa melalui model Discovery Learning dalam pembelajaran Tematik dengan Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Pembelajaran 4 di K elas IV SDN Sirnasari Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat . Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Sirnasari yang tidak Aktif dan kritis didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi misalnya ceramah konvensional yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan , sedangkan dengan model - model pembelajaran yang lain khususnya model Discovery Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refl eksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning . Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui rasa ingin tahu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan rasa ingin tahu siswa . Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan kemampuan rasa ingin tahu siswa dari siklus I sampai siklus I I , hasil tes pada siklus I 63,15 % dengan kategori cukup, siklus II 84,21 % dengan kategori baik. Sedangkan hasil non tes pada siklu s I 2,58 kategori sedang, siklus II 3,5 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning sangat menunjang terhadap peningkatan kemampuan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran 4 kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci : Discovery Learning , Rasa Ingin Tahu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Oct 2016 13:24
Last Modified: 29 Oct 2016 13:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item View Item