PENGGUNAAN MODEL WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (PenelitianTindakan Kelas Di SDN Cijeruk Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Kelas V Tentang Peninggalan-Peninggalan Sejarah pada Masa Hindu)

CITRA CAHYUNI, 085060181 (2016) PENGGUNAAN MODEL WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (PenelitianTindakan Kelas Di SDN Cijeruk Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Kelas V Tentang Peninggalan-Peninggalan Sejarah pada Masa Hindu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER rvs.docx

Download (139kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)

Abstract

Telah dilakukan suatu penelitian tentang Penggunaan Model Word Square dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan di Kelas V SDN Cijeruk Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa melalui Penggunaan model Word Square dalam pembelajaran IPS. Kajian teori dalam penelitian ini adalah membahas tentang: (1) Pembelajaran; (2) Pembelajaran IPS; (3) Metode Pembelajaran Kooperatif; (4) Model Pembelajaran Word Square; (5) Pemahaman Belajar; (6) Peninggalan Sejarah Pada Masa Hindu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus yang dilakukan berulang jika tujuan yang dirumuskan belum tercapai. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu (1) tahap Perencanaan; (2) tahap Implementasi Tindakan; (3) tahap Observasi; dan (4) tahap Analisis dan Refleksi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa tes, lembar observasi, dan studi dokumentasi. Instrument lembar observasi digunakan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pembelajaran menggunakan model Word Square dengan mengobservasi hal-hal berikut: (1) Rancangan pembelajaran berupa RPP; (2) Pelaksanan Pembelajaran; dan (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS melalui model Word Square ternyata dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum diadakannya penelitian. Setelah menggunakan model pembelajaran word square terjadi peningkatan nilai rata-rata postes siswa sebesar 48,93 pada siklus I, 63,21 pada siklus II, dan 76,79 pada siklus III. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Word Square pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kelompok sehingga pemahaman siswa dapat meningkat. Kata kunci: Pembelajaran Model Word Square, Pemahaman Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2016 18:40
Last Modified: 26 Oct 2016 18:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13907

Actions (login required)

View Item View Item