PENGGUNAAN MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TOPIK HUBUNGAN ANTARA BUNGA DENGAN FUNGSINYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN. 5 Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya)

RIMA MARYANI, 085060099 (2016) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TOPIK HUBUNGAN ANTARA BUNGA DENGAN FUNGSINYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN. 5 Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
RIMA COVER.docx

Download (21kB)
[img] Text
pengesahan rima.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR rima.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
Motto.doc
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
abstrak rima.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI rima.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (354kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA rima.docx

Download (14kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP rimab.docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Kejadian ini karena proses pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang bersifat konvensional. Akibatnya siswa pasif, karena proses pembelajaran kurang menarik dan membosankan siswa, sehingga pemahaman konsep rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA tentang hubungan antara bunga dengan fungsinya dengan menggunakan penerapan model inkuiri. Berdasarkan latar belakang maka muncullah permasalahan yaitu apakah penerapan model inkuiri pada pembelajaran IPA pada topik hubungan antara bunga dengan fungsinya di SDN. 5 Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas IV pada pembelajaran IPA di SDN 5 Singaparna melalui penerapan model inkuiri. Model yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data-data penelitian dikumpulkan melalui instrumen observasi dan tes dilakukan 2 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan yang berarti baik pemahaman konsep siswa, aspek sikap dan aspek psikomotor. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model inkuiri pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 5 Singaparna terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, aspek afektif dan psikomotor dalam proses pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 66,42%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 77,86%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Penerapan model inkuiri, pembelajaran IPA, hubungan antara bunga dengan fungsinya, pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2016 15:13
Last Modified: 27 Oct 2017 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13902

Actions (login required)

View Item View Item