MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BATUKASUR KECAMATAN CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG

Wilmandri Salahudin, 085060015 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN BUDAYA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BATUKASUR KECAMATAN CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
LEMBAR AWAL.docx

Download (101kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
MOTTO.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini di latarbelakangi dengan rendahnya perolehan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Batukasur pada mata pelajaran IPS khususnya materi keragaman budaya. Hal tersebut disebabkan, pada saat proses belajar mengajar hanya didominasi dengan menggunakan metode ceramah saja karena menurut mereka metode tersebut merupakan metode yang paling efektif untuk menyampaikan materi-materi pelajaran sehari-hari, juga metode yang sering digunakan adalah metode tanya jawab, dalam pembelajaran hanya terpaku pada buku paket yang ada. Kemudian aktifitas siswa yang muncul adalah siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, sebagian siswa ada yang bercanda dengan temannya, keaktifan dan semangat belajar siswa pun tidak terlihat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti berusaha memperbaiki beberapa permasalahan yang ditemui di atas, dengan memilih media gambar sebagai alat untuk bahan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman budaya. Dari hasil pelaksanaan penelitian yang diperoleh selama dua siklus dengan menggunakan media gambar telah berhasil meningkatkan kinerja guru, kretivitas siswa dan khusunya hasil belajar yang di capai sesuai target. Untuk kinerja guru siklus I pada aspek perencanaan dikategorikan baik dengan indikator pencapaian 88.8%, aspek pelaksaan dikategorikan baik dengan indikator pencapaian 77.7%, aspek evaluasi dikategorikan baik dengan indikator pencapaian 77.7%, kemudian diadakan perbaikan pada siklus II, untuk kinerja guru pada siklus II pada aspek perencaan dikategorikan baik sekali dengan indikator pencapaian 100%, aspek pelaksanaan dikategorikan baik dengan indikator pencapaian 88.8% dan untuk aspek evaluasi dikategorikan baik sekali dengan indikator pencapaian 100%. Selanjutnya untuk kreativitas siswa yang terdiri dari aspek perhatian, aspek keaktifan dan aspek motivasi pada siklus I dikategorikan baik dengan indikatir pencapaian 72.5% kemudian diadakan perbaikan siklus II dengan indikator pencapaian 85%. Dengan seiring meningkatnya kinerja guru dan kretivitas siswa hasil belajar siswa pun ikut meningkat dengan indikator pencapaian siklus I 72.5% dan siklus II dengan indikator pencapaian 92.5%. Dengan demikian, meningkatkan hasil belajar IPS tentang keanekaragaman budaya pada siswa kelas IV SDN Batukasur kecatamatn Ciwidey Kabupaten Bandung, telah tercapai sesuai target.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2016 15:19
Last Modified: 25 Oct 2016 15:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item