OO ROHUDIN ALMUHAROM, 085060222 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sdn 2 Cibodas Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (46kB) |
|
Text
pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
ucapan terima kasih.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
|
Text
BAB V.doc Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Selama ini mayoritas Pembelajaran IPS hanya diajarkan dengan metode klasikal yakni sebatas ceramah, tugas dan diskusi saja, begitupun di SDN 2 Cibodas Lembang cara pengajarannya masih seperti itu, maka tak heran hasil belajar peserta didik pun masih belum memuaskan karena masih rendah, hal itulah yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar IPS adalah pembelajaran dengan mengdunakan Media Audio Visual. penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Cibodas Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah siswa 26, yaitu 11 orang laki-laki, dan 15 orang perempuan. Instrumen yang digunakan diantaranya lembar observasi, tes, wawancara, dan angket skala sikap. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual yang dilakukan selama tiga siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Peningkatan proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Siswa juga menunjukkan sikap positif terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual. Oleh karena itu model pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar di kelas yang aktif, efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 13:41 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 13:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13879 |
Actions (login required)
View Item |