MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sirnasari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang)

SITI WULAN, 085060166 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sirnasari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
caper skripsi.docx

Download (65kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ACC SKRIPSI WULAN.docx

Download (163kB)
[img] Text
daftar isi wulan.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan konsep benda dan sifatnya di kelas III SDN Sirnasari dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Hal tersebut didasari oleh kurangnya partisipasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung yang berimbas kepada prestasi hasil belajar siswa yang kurang pula. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menimbang hal tersebut dengan harapan tindakan tersebut dapat memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian tindakan yang akan dilakukan peneliti adalah ‘’Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Benda dan Sifatnya dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme dikelas III SDN Sirnasari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang.” Pada tahap perencanaan telah direncanakan tindakan akan dilakukan berulang-ulang sampai pelaksanaan akan dilaksanakan sesuai apa yang direncanakan, dan pada tahap evaluasi, siswa akan diberikan soal untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan. Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh data, bahwa pelaksanaan tindakan ini dilakukan dengan II siklus dimana setiap siklusnya digunakan pendekatan konstruktivisme. Dari jumlah siswa kelas III sebanyak 23 siswa pada data tes awal siswa hanya 34,7% siswa yang lulus atau hanya 8 orang siswa, kemudian setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh data siswa yang lulus mencapai 56% atau hanya baru 13 orang siswa yang lulus. Melihat perkembangan peneliti melaksanakan lagi tindakan pada siklus berikutnya yaitu siklus II dimana siswa yang lulus 20 orang siswa atau sekitar 86,9%. Melihat kenyataan ini, dapat peneliti simpulkan bahwa penelitian tindakan kelas “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada konsep Benda dan Sifatnya dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di kelas III SD Negeri Sirnasari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang” telah berhasil dilaksanakan, dimana hampir seluruh siswa mendapat nilai sesuai dengan standar kelulusan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Oct 2016 15:48
Last Modified: 24 Oct 2016 15:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item View Item