Riswati Hasanah, 085060013 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SIFAT BENDA DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Batukasur Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi.rtf Download (608kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.rtf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR dan ucapan terima kasih .rtf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
|
Text
abstrak.rtf Download (42kB) |
|
Text
MOTO.rtf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
PERNYATAAN.rtf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
BAB I penomoran .rtf Download (103kB) |
|
Text
BAB II penomoran.rtf Download (395kB) |
|
Text
BAB III penomoran.rtf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
BAB IV penomoran.rtf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
BAB V penomoran.rtf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.rtf Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf Download (60kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.rtf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul “Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Sifat Benda di Kelas IV”, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA di Sekolah Dasar Negeri Batukasur khususnya di kelas IV, yang dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi awal yaitu bahwa rendahnya hasil belajar IPA yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 peserta didik berhasil meraih nilai rata-rata 60 dengan persentase ketuntasan sebesar 47%. Pada tindakan siklus 2 yang merupakan perbaikan dari hasil belajar pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 73,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 91%. Hal itu dikarenakan pada model pembelajaran inkuiri menggunakan pendekatan belajar siswa aktif, yang dapat merangsang meningkatnya kualitas pendidikan sains. Siswa yang terlibat secara aktif dalam pembelajaran memiliki retensi yang lebih baik dan lebih mampu mengembangkan diri menjadi yang independen dibandingkan siswa yang belajar melalui ceramah. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat benda di kelas IV. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Meningkatkan Hasil Belajar, IPA, Sifat benda.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 24 Oct 2016 14:16 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 14:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13866 |
Actions (login required)
View Item |