PENGGUNAAN METODE BROKEN SQUARE GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PETA DI KELAS IV SDN MANOKO LEMBANG

GHINA NAFILAH, 085060153 (2016) PENGGUNAAN METODE BROKEN SQUARE GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PETA DI KELAS IV SDN MANOKO LEMBANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (68kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I .docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III .docx
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV .docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
KATA PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Masalah pokok dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SDN Manoko Lembang pada pembelajaran IPS yang relatif rendah. Hal dikarenakan, belum maksimalnya penggunaaan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Manoko Lembang dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 25 laki-laki. Penelitian bertempat di SDN Manoko Lembang yang berada di Jalan Manoko Sukalaksana Lembang. Setelah dilakukan penelitian melalui tiga siklus, melalui studi awal dengan memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 49,10 dan prosentasenya sebesar 49,10 %. Sedangkan, untuk ketercapaian nilai KKM siswa hanya memperoleh prosentase sebesar 5,13 % dari 39 siswa yang mencapai nilai KKM. Kemudian dilakukan tes siklus I dan diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 59,5 dengan prosentase 59,5 %. Prosentase nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan dari hasil tes studi awal sebesar 10,4 %. Sedangkan untuk ketercapaian nilai KKM siswa, pada siklus I memperoleh prosentase sebesar 25,64 % dari 39 siswa yang mencapai nilai diatas KKM. Sehingga nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar 20,27 % dari hasil yang diperoleh pada pada studi awal. Meskipun mengalami peningkatan, namun belum memenuhi indikator keberhasilan. Untuk itu, peneliti melanjutkan penelitian dengan melaksanakan siklus II, hasil tes pada siklus II nilai rata-rata siswa memperoleh nilai sebesar 66,51 dan prosentasenya sebesar 66,51 %. Sedangkan prosentase ketercapaian nilai KKM siswa sebesar 76,92 %. Hal tersebut masih belum mencapai indikator keberhasilan, sehingga peneliti melanjutkan penelitian dengan melakukan siklus III, nilai rata-rata siswa yang diperoleh 76,15 dan prosentasenya sebesar 76,15 %. Sedangkan ketercapaian nilai KKM siswa memperoleh presentase sebesar 92,30 %. Dengan metode broken square games dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS,siswa menjadi lebih mudah dalam memahami materi ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2012
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Oct 2016 12:55
Last Modified: 24 Oct 2016 12:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13860

Actions (login required)

View Item View Item