ANALISIS PENGUASAAN KETERAMPILAN BERMAIN GITAR ELEKTRIK DAN TEKNIK IMPROVISASI PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 10 BANDUNG. SIDIK PERMANA 116040066

Sidik Permana dan Robby R Meka dan Ahmad Hidayat (2016) ANALISIS PENGUASAAN KETERAMPILAN BERMAIN GITAR ELEKTRIK DAN TEKNIK IMPROVISASI PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 10 BANDUNG. SIDIK PERMANA 116040066. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
A. COVER SKRIPSI SIDIK.docx

Download (41kB)
[img] Text
lembar pengesahan dll..docx

Download (4MB)
[img] Text
SKRISI SIDIK PERMANA 116040066.rtf

Download (65MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain gitar elektrik dan teknik improvisasi. Penelitian ini berfokus pada pembelajaran yang dilakukan oleh siswa kelas XI di SMKN 10 Bandung. Pembelajaran yang dilakukan siswa dapat diamati secara langsung dengan tahapan-tahapan yang sudah terencana atau terurut. Tujuan pelaksanaan penelitian di SMKN 10 Bandung, adalah untuk mengetahui tingkat penguasaan keterampilan bermain gitar elektrikdanteknik improvisasi pada siswa kelas XI di SMKN 10 Bandung. Ciri-ciri Pembelajaran Langsung, yakni (1) adanya tujuan pembelajaran dan prosedur penilaian hasil belajar, (2) sintaks atau pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran, (3) sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang mendukung berlangsung dan berhasilnya pengajaran. Slavin (2003) mengemukakan tujuh langkah dalam sintaks pembelajaran langsung, yaitu, (1) menginformasikan tujuan pembelajaran dan orientasi pelajaran kepada siswa, (2) me-review pengetahuan dan keterampilan prasyarat, (3) menyampaikan materi pelajaran, (4) melaksanakan bimbingan, (5) memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih, (6) menilai kinerja siswa dan memberikan umpan balik, (7) memberikan latihan mandiri. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian terhadap fenomena yang terjadi pada saat proses pembelajaran dan latihan siswa baik itu di sekolah, tempat kursus dan di rumah. Dalam pelaksanaan penelitian di lapangan, data-data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data utama yakni dokumen, observasi, peserta didik, informasi yang didapat melalui kegiatan wawancara dengan para penanggungjawab serta pelaksana kegiatan pembelajaran. Adapun proses analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian, pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik triangulasi. Dilihat dari kesimpulan yang penulis paparkan,penulis berpendapat menyimpulkan bahwa, penguasaan keterampilan bermain gitar dan teknik improvisasi pada siswa kelas XI di SMKN 10 Bandung sudah tepat dan baik, karena hasil pembelajaran yang didapatkan siswa bisa terlihat pada saat praktik dan dinilai oleh pengajar secara langsung. Hal ini dilihat dari data dan pembahasan yang penulis lihat secara langsung serta data yang penulis paparkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2015
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 05 Oct 2016 14:41
Last Modified: 05 Oct 2016 14:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item