METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK CLIENT (PASIEN) YAYASAN SOTERIA DI REXA MUSIC SCHOOL CIMAHI. JEFRI MERA NURAMA KS N.P.M. 11.6040026

JEFRI MERA NURAMA KS DAN R. Yeni Dewi Cahyani dan Ahmad Hidayat, (2016) METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK CLIENT (PASIEN) YAYASAN SOTERIA DI REXA MUSIC SCHOOL CIMAHI. JEFRI MERA NURAMA KS N.P.M. 11.6040026. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
0 COVER SKRIPSI - JEFRI@9.docx

Download (161kB)
[img] Text
2 ABSTRAK - ACC - KP,DI,-JEFRI.docx

Download (33kB)
[img] Text
3 BAB I - ACC - PENDAHULUAN_SKRIPSI - JEFRI.docx

Download (47kB)
[img] Text
4 BAB II - ACC - LANDASAN TEORI_SKRIPSI - JEFRI.docx

Download (47kB)
[img] Text
8 new REV - DAFTAR PUSTAKA - ACC - SKRIPSI - JEFRI.docx

Download (33kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Penelitian ini diberi judul “METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK CLIENT (PASIEN) YAYASAN SOTERIA DI REXA MUSIC SCHOOL CIMAHI”. Judul tersebut dipilih karena sebagai calon pengajar, peneliti ingin mengetahui tentang penggunaan dan hasil pembelajaran musik pada client dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpula data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dari data yang dihasilkan kemudian dilakukan analisis data berupa pembahasan dan kesimpulan yang dicatat secara deskriptif. Pada penelitian ini dilakukan tiga kali observasi pada pembelajaran musik (gitar klasik) client dengan menggunakan metode drill. Pada observasi yang dilakukan tersebut, ditemui bahwa metode drill digunakan untuk memberi kesempatan kepada client melatih materi pembelajaran yang diberikan, yaitu melakukan kegiatan latihan dengan cara mempraktekkan materi tersebut secara berulang-ulang, hingga client menjadi terampil dan mampu menguasai materi tersebut. Dari hasil belajar yang diperoleh oleh client, ditemui respon seperti ekspresi, antusias, semangat belajar, sikap, percakapan, dan hasil belajar yang ditunjukan oleh client mengalami kemajuan. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, yakni client lebih cenderung menunjukan ekspresi murung, menundukan kepala, diam, kurang percaya diri, kurang nyambung dalam percakapan dan cenderung tertutup pada orang baru yang belum dikenalnya. Dari hal-hal tersebut peneliti menganggap bahwa musik sudah tepat digunakan sebagai media penyembuhan dan metode drill sudah tepat digunakan sebagai metode pendukung pada pembelajaran musik (gitar klasik) client.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2015
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 04 Oct 2016 14:33
Last Modified: 04 Oct 2016 14:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item