FENOMENA PENGGUNAAN BUSANA KOREA PADA REMAJA BANDUNG Studi Fenomenologi Penggunaan Busana Korea Modern Pada Remaja Bandung

Ayu Kartika Wahyuningsih, 112050212 (2016) FENOMENA PENGGUNAAN BUSANA KOREA PADA REMAJA BANDUNG Studi Fenomenologi Penggunaan Busana Korea Modern Pada Remaja Bandung. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK,KATA PENGANTAR,riwayat hidup,daftar isi, daftar tabel dll.rtf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I .docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggunaan Busana Korea pada Remaja Bandung” (Studi Fenomenologi Penggunaan Busana Korea pada Remaja Bandung). Gaya busana atau fesyen merupakan tata pakaian, potongan rambut, make up, dan corak hiasan yang dikenakan oleh seseorang yang mampu mencerminkan dan mengekspresikan identitas diri. Gaya busana membawa pesan dan gaya hidup tertentu yang merupakan bagian dari kehidupan sosial. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkontruksi realita pada remaja Bandung dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori fenomenologi. Fenomenologi menggambarkan realita dari pengalaman hidup beberapa individu mengenai konsep dari fenomena. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini memperlihatkan konsep motif yang dibedakan menjadi dua pemaknaan yaitu in order to motif dan because of motif. in order to motif merupakan motif yang membuat minat, ide dan kreatifitas partisipan terhadap penggunaan busana Korea. Sedangkan because of motif itu terdiri dari proses partisipan terhadap fenomena penggunaan busana Korea yang bisa membentuk lifestyle dan menjadi kebutuhan lifestyle atas perilaku remaja yang menyukainya. Adapun rekomendasi yang ingin peneliti berikan sebagai bahan masukan adalah kepada para remaja di Indonesia yang menjadikan fashion Korea sebagai kebutuhan sehari-hari hendaknya tidak terlalu melebih-lebihkan. Ada baiknya jika kita memprioritaskan gaya busana khas Indonesia yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan budayanya dan mempunyai ciri khas tertentu dalam berbusana, contohnya seperti fashion item yang tak kalah keren dari negara lain yang Indonesia punya dan banggakan adalah batik dan kebaya. Bagaimana jika kita para remaja Indonesia lebih mencintai hasil karya negara sendiri dan menjadikan fashion Indonesia terkenal di dunia agar perkembangan fashion di Indonesia semakin maju.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:27
Last Modified: 03 Oct 2016 13:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13548

Actions (login required)

View Item View Item