PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL, TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH

Arif Gunawan, NPM : 148060074 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL, TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ARTIKEL Arif.docx

Download (69kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi dan koneksi matematis serta motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Al Inayah Kota Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan model pembelajaran CTL yang diduga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan koneksi matematis serta dampaknya pada motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al Inayah Kota Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling), dan didapat kelas X-1, X-2. Kelas X-1 dan X-2 sama-sama berjumlah 31 orang. Kelas X-1 diberikan perlakuan dengan model CTL dan kelas B dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi dan koneksi matematis, angket motivasi belajar dengan mengadopsi skala likert, dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran CTL lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran CTL tidak lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran CTL lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (4) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi dan koneksi matematis siswa. (5) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan motivasi belajar siswa. (6) Terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan motivasi belajar siswa. (7) Motivasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran CTL, rata-rata mereka merasa senang dan nyaman mengikuti model pembelajaran CTL. Kemudian, mereka merasa bahwa manfaat matematika dalam kehidupan nyata semakin terasa setelah menggunakan model pembelajaran CTL. Kata kunci: Contextual, Teaching and Learning (CTL), kemampuan komunikasi matematis, koneksi matematis, motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 01 Oct 2016 13:04
Last Modified: 01 Oct 2016 13:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13493

Actions (login required)

View Item View Item