SNAPCHAT SEBAGAI AJANG MEDIA EKSISTENSI DIRI PADA MAHASISWA FISIP UNPAS (Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Snapchat Sebagai Ajang Media Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Fisip Unpas)

Wildi Abdicahyani Z, 122050114 (2016) SNAPCHAT SEBAGAI AJANG MEDIA EKSISTENSI DIRI PADA MAHASISWA FISIP UNPAS (Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Snapchat Sebagai Ajang Media Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Fisip Unpas). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.docx

Download (31kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
8. BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
9. BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Snapchat sebagai Ajang Media Eksistensi Diri pada Mahasiswa Fisip unpas (Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Snapchat Sebagi Ajang Media Eksistensi Diri Pada Mahasiswa Fisip Unpas). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pengguna Snapchat. Untuk mengetahui eksistensi diri para pengguna Snapchat serta mengetahui korelasi antara perilaku pengguna Snapchat dengan ekstensi dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan pendekatan penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, mempelajari buku – buku referensi, observasi langsung, wawancara mendalam, juga penelusuran data melalui jaringan internet yang berkaitan dengan masalah yang tengah dibahas. Untuk Subjek pada penelitian ini adalah para pengguna Snapchat pada kalangan Mahasiswa Fisip Unpas Bandung. Subjek penelitian ini adalah orang yang benar – benar memiliki akun Snapchat dan aktif mengaksesnya di kesehariannya. Hasil dari penelitian ini adalah pengungkapan media sosial Snapchat pada penggunanya berdasarkan pengguna Snapchat pada Mahasiswa Fisip Unpas khusunya terhadap kesepuluh Narasumber dalam penelitian ini adalah: secara umum mereka menggunakan Snapchat untuk memposting video dan foto, dan saling berinteraksi dengan pengguna Snapchat lainnya, meningkatkan rasa percaya diri dan menjadi ajang media eksistensi diri. Perilaku pengguna Snapchat berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan mereka dalam penggunaanya. Dengan mereka menggunakan Snapchat mereka merasakan bahwa dengan menshare video ataupun foto keseharian mereka banyak yang mengapresiasi secara tidak langsung telah muncul feedback dari pengguna lainnya sehingga menimbulkan kepercayaan dirinya sehingga merasa dirinya sangat eksis dimata orang lain. Korelasi antara perilaku pengguna Snapchat dengan eksitensi diri terlihat dari bagaimana cara seberapa seringnya mereka menshare video ataupun foto dengan adanya komentar – komentar dari orang lain mengenai orang yang memposting video atau foto tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian, peneliti ingi menberikan saran agar para pengguna media sosial (Snapchat) tetap berhati – hati, baik, bijak dan pintar dalam menggunakan media sosial Snapchat ini, pergunakan Snapchat untuk hal – hal yang positif. Lebih baiknya lagi jika menggunakannya tidak berlebihan sehingga tidak akan banyak waktu yang terbuang sia – sia hanya karena mengakses Snapchat saja.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: Irawan Whibiksana
Date Deposited: 30 Sep 2016 13:00
Last Modified: 30 Sep 2016 13:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13387

Actions (login required)

View Item View Item