PENGARUH PENERAPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BELAJAR SISWA SMPN 1 BALEENDAH

RENDI PRASETIA, 115050 107 (2016) PENGARUH PENERAPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BELAJAR SISWA SMPN 1 BALEENDAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I rendi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II rendi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu ilmu pengetahuan yang sangat berguna dalam segala aspek kehidupan . Kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika . Namun kemampuan berpikir kreatif siswa ternyata masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena guru lebih sering memberikan siswa hafalan rumus yang rumit, dan juga gur u jarang melatih kemampuan berpikir kreatif siswa saat proses pembelajaran. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah model pembelajaran Inquiry . Pe nelitian ini bertujuan untuk: untuk mengetahui apakah ke mampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Inquiry lebih baik dari pada siswa yang m empe roleh model pembelajaran konvensional; u ntuk mengetahui apakah sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Inquiry . Me tode penelitian ini adalah eksperimen. P opulasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Baleendah tahun ajaran 201 4 - 201 5 . D an sampelnya adalah dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam pe nelitian berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan berpikir kreatif dan skala sikap yang menggunakan model s kala l ikert yang berisikan pernyataan - pernyataan siswa mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Dari analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : kemampuan berpikir kreatif belajar siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Inquiry lebih baik daripada siswa yang me mperoleh model pembelajaran konvensional ; siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Inquiry . Sehingga model pembelajaran Inquiry dapat d ijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk me nciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Belajar , Model Pembelajaran Inquiry , Sikap

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Sep 2016 15:52
Last Modified: 29 Sep 2016 15:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13306

Actions (login required)

View Item View Item