PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMK

WINDY MEIRISKA, 125050091 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover (fix).pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (fix).pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT (fix).pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (fix).pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Windy Meiriska , Penerapan Metode Pembelajaran Br ain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matemati s Siswa SM K . Pembelajaran matematika diawali dari hal - hal yang bersifat kontekstual, sehingga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan kembali dan mengomstruksi konsep - konsep matematika berdasarkan masalah realistis yang diberikan guru. Namun fakta dilapangan menunjukkan bahwa melalui koneksi dan berpikir kritis matematis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu model yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil koneksi matematis siswa adalah Brain Based Learning (BBL). T ujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penin gkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan pendekatan Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. 2) u ntuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Brai n Based Learning ; 3) u ntuk mengetahui korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK MVP ARS Internasional Bandung tahun ajaran 2015/2016 . Dan s ampel diambil sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tipe uraian soal - soal kemampuan koneksi matematis dan angket skala sikap. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas , uji homogenitas, dan uji t . Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan : 1) k emampuan koneksi matematis siswa yang me mperoleh model pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada siswa yang me mperoleh pembelajaran Problem Based Learning ; 2) s iswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning 3) t erdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunak an model pembelajaran Brain Based Learning. Kata K unci : Brain Based Learning , Problem Based Learning , Koneksi Matematis .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 19:05
Last Modified: 28 Sep 2016 20:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13214

Actions (login required)

View Item View Item