PERAN PEMILIHAN UMUM RAYA DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERORGANISASI MAHASISWA (Studi Deskriptif pada Kesadaran Politik M ahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung)

ANDIKA MEI MULYANA, 125010041 (2016) PERAN PEMILIHAN UMUM RAYA DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERORGANISASI MAHASISWA (Studi Deskriptif pada Kesadaran Politik M ahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa merupakan insan intelektual yang akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan. Berhimpun dalam organisasi kemahasiswaan me rupakan hak bagi setiap mahasiswa. Seperti diatur di dalam Undang - undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaga mahasiswa merupakan wadah untuk mengembangkan diri dalam berorganisasi, kepemimpinan, dan belajar menjalankan kegiatan, dari mul ai yang bersifat akademik maupun non - akademik. Tujuan dari lembaga mahasiswa didirikan yakni untuk membuat suatu lembaga pemerintahan internal kampus dengan tujuan untuk membantu pencapaian visi - misi suatu universitas. Salah satu cara agar pemerintahan in ternal kampus berjalan dengan seharusnya maka perlu diadakanya pemilihan umum raya (PEMIRA) untuk memilih ketua umum BEM dan DPM FKIP UNPAS. Pemilihan umum raya (PEMIRA) selain bertujuan untuk memilih ketua umum juga menjadi salah satu proses demokrasi di lingkungan kampus. Menanamkan budaya kritis serta partisipatif mahasiswa. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan judul Dengan demikian peran pemilihan umum raya (PEMIRA) dalam membangun kesadaran berorganisasi mahasiswa. Metode penelitian ini a dalah studi deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus II Universitas Pasundan di daerah yang melibatkan mahasiswa FKIP Unpas. Sedangkan untunk mendapatkan informasi dan data penelitian yang diambil dari Ketua Pelaksana Komisi Pemilihan Umum Raya (KPUM), Ketua Umum Dewan Perwakilan FKIP Unpas beserta Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa. Data hasil penelitian berupa observasi dan wawancara. Adapun analisis data hasil observasi peran pemilihan umum raya (PEMIRA) dalam membangun kesadaran berorganisasi mahasiswa menunjukan bahwa terlihat pemiilih yaitu mahasiswa kurang antusias. Sedangkan dari hasil wawancara terjadi kemunduran dari kesadaran berorganisasi baik terlihat dari jumlah pemilih dan juga sikap apatis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 18:49
Last Modified: 28 Sep 2016 20:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item View Item