AJI SULTAN SANGKUT, 125010064 (2016) UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( Studi Kasus Kelas VIII E di SMP Pasundan 1 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”. Penelitian ini dilatarbel akangi oleh adanya upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Guru memberikan pengaruh besar serta kontribusi terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu penulis mencoba melihat adanya uapaya yang dilakukan guru dengan motivasi bela jar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan populasi siswa kelas VIII - E SMP Pasundan 1 Bandung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sample non proboality sampling yaitu sample yang telah ditentukan sebanyak 40 siswa. Instrumen yan g digunakan adalah kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas VIII - E SMP Pasundan 1 Bandung, terdiri dari Angket dan Wawancara. Wawancara mengetahui upaya, penyebab - penyebab, dan metode dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Angket kedua menge tahui kemauan, ketekunan dan penggerak ( hasil belajar siswa) terhadap motivasi belajar siswa. Angket yang diberikan berupa angket terbuka yang terdiri dari 5 opsi jawaban [ Sangat setuju ( SS), Setuju (S), Ragu - ragu (RR), Tisak Setuju (TS), Sangat Tidak Setuju (STS)]. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan bantuan program Excel 2010 dan SPSS 22.0 for windows . Teknik penyajian data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier ganda dan uji hipotesis. Hasil dari upaya guru dalam meningkatkan m otivasi terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 63%. Temuan penelitian, yaitu bahwa guru berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu guru harus bisa mengetahui masalah dan penyebab motivasi belajar peserta di dik. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan atau referensi penelitian lanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 18:00 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 18:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13190 |
Actions (login required)
View Item |