PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJ ARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Materi Keaneka ragaman Kenampakan Alam di Sekolah Dasar Negeri Cipagalo 01 Kelas IV Semester I Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 )

RATIH APRILIA, 125060013 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJ ARAN IPS ( Penelitian Tindakan Kelas Materi Keaneka ragaman Kenampakan Alam di Sekolah Dasar Negeri Cipagalo 01 Kelas IV Semester I Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Cipagalo 01 terhadap pembelajaran IPS pada materi keanekaragaman kenampakan alam dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning tipe Jigsaw yang dilatar belakangi rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa. Selain itu dengan melihat cara pembelajaran guru yang masih monoton dan kurang inovatif. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan h asil belajar siswa yang terdiri dari setiap siklus. Hasil penilaian pemahaman siswa dari setiap siklus menunjukan presentase pemahaman mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 72,99% siswa yang berpemahaman aktif, dan pada siklus II meningkat men jadi 82,68%. Peningkatan pemahaman siswa pada penelitian ini adalah 9,69%. Hasil post test siklus I menunjukan hasil mencapai 55,88% dan hasil post test siklus II menunjukan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM se banyak 88,23%, terjadi peningkatan sebesar 32,35% dari hasil post test siklus I. hal tersebut membuktikan bahwa model Problem Based Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini a dalah peningkatan pemahaman hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II menunjukan siswa mencapai KKM sebanyak 88,23% hal tersebut melebihi target yang ditentukan penelitian yaitu 80%. Kata Kunci: Problem Based Learning tipe Jigsaw , pemahama n, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 17:13
Last Modified: 28 Sep 2016 17:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13169

Actions (login required)

View Item View Item