“ OPTIMALISASI PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK” Studi Deskriptif pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Negeri 9 Bandung.

FITRIA NUR RAHMAWAT, 125010019 (2016) “ OPTIMALISASI PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK” Studi Deskriptif pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI di SMA Negeri 9 Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh optimalisasi penggunaan internet terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 9 Bandung . Peningkatan prestasi belajar merupakan hal y ang penting bagi siswa dan masa depannya, maka dari itu perlu diketahui hal - hal yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen yang bersifat kausal. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI S MAN 9 Bandung yang berjum lah 152 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala. Instrumen dikembangkan dengan validitas konstruk dan isi yang disetujui oleh ahlinya. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini, menunjukk an tidak adanya pengaruh yang signifikan antara optimalisasi penggunaan internet terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik . Hal ini dapat dilihat Berdasarkan hasil perhitungan uji F maka diperoleh nilai F hitung > F tabel dengan p = 0,832 > 0,05, s ehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil analisis regresi diperoleh R - Square 0,000 yang berarti bahwa faktor optimalisasi penggunaan internet tidak berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar. Hal ini menjelaskan bahwa kegiatan peserta didik da lam pembelajaran yang menggunakan internet tidak mengubah peningkatan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat diartikan bahwa walaupun penggunaan internet cukup tinggi di kalangan peserta didik namun tidak berpengaruh terhadap peningkatan prestasi be lajar mereka. Hasil penelitian ini setidaknya dapat dijadikan gambaran bahwa optimalisasi penggunaan internet tidak berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2016 12:58
Last Modified: 28 Sep 2016 12:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item View Item