“UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung)

Natasya Risdania, 125060226 (2016) “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 asli until 19.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 asli until 47.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA asli banget coy.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Metode Picture And Picture dengan Media Gambar, Hasil Belajar Siswa. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru menyajikan materi pelajaran IPS secara verbal melalui kegiatan ceramah dan tidak menggunakan metode dan media sehingga kurang mendorong siswa untuk berfikir aktif. Siswa kurang memahami materi yang mengakibatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi Perkembangan Teknologi Komunikasi di kelas IV SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung” Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek yang digunakan sebagai penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung yang berjumlah 23. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria ketuntasan yaitu minimal 70% dari seluruh siswa kelas IV SDN MAndalasari 02 dengan KKM yang ditentukan yaitu rata-rata nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil, bahwa penggunaan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perkembangan Teknologi Komunikas di kelas IV SDN Mandalasari 02 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung semester II tahun 2015-2016. Berdasarkan analisis data dipreroleh peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal siswa yang sudah mencapai KKM 70 sebanyak 17 siswa dengan persentase 74% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 26%. Pada pelaksanaan siklus I siswa yang sudah tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 53,33% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 46,67%. Pada pelaksanaan siklus II jumlah siswa yang sudah tuntas meningkat sebanyak 21 siswa dengan persentase 93%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 19:54
Last Modified: 27 Sep 2016 19:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item