PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN SIFAT - SIFAT WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian T indakan Kelas di K elas IV SD N Andir 02 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 201 6 /201 7 )

LUSI OKTORINA PUTRI, 125060264 (2016) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN SIFAT - SIFAT WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian T indakan Kelas di K elas IV SD N Andir 02 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 201 6 /201 7 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstarak LUSI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I CTL.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK LUSI.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan bahwa dalam penyajian proses pembelajaran IPA terlihat mas ih monoton dimana guru tidak mengajak peserta didik untuk memusatkan perhatiannya pada pokok bahasan yang sedang diajarkan. Penggunaan metode ceramah hal tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan (Teacher Centered ) berpusat pada guru, guru cenderung menguasai kelas sehingga peserta didik hanya mendengarkan saja apa yang disampai kan oleh gurunya, sehingga pembelajaran kurang mengeksplorasi potensi kreativi tas yang dimiliki siswa, rendahnya aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar siswa , hal tersebut dikarenakan guru tidak mengajak siswa terlibat seca ra langsung dalam pembelajaran . Adapun model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus dan pada satu siklusnya dua pertemuan dimana subjekny a yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 2 6 siswa. Instrument yang digunakan diantaranya yaitu pos pretest dan postest, angket, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, LKS . Penelitian i ni bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa dalam pelajaran IPA pada materi sifat - sifat wujud benda di Kelas IV SDN Andir 02 , Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung dengan menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan persentase 92,30 % dari jumlah siswa yang mencapai KKM. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa dari setiap siklus, siklus I 70% dan 75%, siklus II 90% dan 95 % sehingg a berpengaruh kepada nilai rata – rata dari setiap siklus, siklus I 58,65 dan 60,76 , siklus II 78,65 dan 80,96 , ini berarti ada peningkatan dari setiap siklusnya, hal ini menu n jukkan bahwa model contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan akti v itas dan hasil belajar siswa dan siswapun menjadi lebih aktif, dan pembelajaran pun menjadi lebih menyenangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan mate ri sifat - sifat wujud benda. Kata kunci: Model contextual teaching and learning (CTL) Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 19:27
Last Modified: 27 Sep 2016 19:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item