PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa PKn di Universitas Pasundan Bandung)

Yeny Chintya Rani Anggelika, 125010002 (2016) PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa PKn di Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER ICHA skrp.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
absrak (2 files merged).pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Salah satu pengaruh perkembangan zaman adalah semakin maraknya gaya hidup hedonisme di kalangan remaja. Gaya hidup hedonisme semakin berkembang luas mengingat era globalisasi semakin memfasilitasi sarana pada kecenderungan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengungkap terkait gaya hidup hedonisme di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa PKn FKIP Universitas Pasundan Bandung. Adapun perihal yang diungkap pada penelitian ini mencakup gaya hidup hedonisme dikalangan mahasiswa PKn, faktor yang melatarbelakanginya yaitu pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dibantu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan instrumen wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data yang dikembangkan oleh (Seiddel, 1998) dalam buku Metodologi Penelitian Kualitatif yang dikutip Lexy J. Moleong (2012: 248). Hasil penelitian ini menunjukan gaya hidup hedonisme pada kalangan mahasiswa FKIP PKn UNPAS yaitu lebih sering nongkrong di kafe dekat kampus, suka shopping ke mall, dan menyukai budaya asing. Faktor yang melatarbelakangi antara lain adalah kepribadian dan kelas sosial, sedangkan pada akademik yang diperoleh mahasiswa meliputi perilaku penundaan mengerjakan tugas, kurang antusias terhadap perkuliahan, Indeks Penilaian Semester (IPS) dan Indeks Penelitian Komulatif (IPK) menurun, riwayat mengulang mata kuliah dan tidak aktif pada perkuliahan. Adapun persepsi mahasiswa terkait gaya hidup hedonisme sebagian kecil menunjukan persepsi positif yaitu menganggap hedonisme sebagai suatu hal yang penting karena dapat menumbuhkan motivasi, dan hampir setengah diantaranya menunjukan persepsi berlawanan. Kata kunci : Gaya Hidup Hedonisme, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:55
Last Modified: 27 Sep 2016 18:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item