PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 17 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MAHARDIKA SAKTI, 125030079 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 17 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Teks naskah drama satu babak adalah salah satu bentuk teks yang memberi pesan moral di dalamnya. Metode Quantum Learning adalah salah satu cara untuk memunculkan potensi menulis. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik unuk melakukan penelitian mengenai pembelajaran memproduksi teks naskah drama satu babak dengan menggunakan metode Quantum Learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1. Bagaimanakah kemampuan penulis dalam melaksanakan Pembelajaran memproduksi Teks naskah drama satu babak berdasarkan struktur dengan menggunakan metode quantum learning pada siswa kelas XI SMAN 17 Bandung? 2. Bagaimankah kemampuan siswa dalam melaksanakan pembelajaran memproduksi teks naskah drama berdasarkan tema dengan menggunakan metode quantum learning pada siswa kelas XI SMAN 17 Bandung? 3. Tepatkah metode quantum learning dalam pembelajaran memproduksi teks berdasarkan tema? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan keefektifan Quantum Learning dalam pembelajaran memproduksi teks naskah drama satu babak pada siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran memproduksi teks naskah drama satu babak dengan menggunakan metode quantum learning dalam pada siswa kelas IX SMAN 17 Bandung. 2. Siswa kelas IX SMAN 17 Bandung mampu memproduksi teks naskah drama satu babak. 3. Metode quantum learning tepat digunakan dalam pembelajaran memproduksi naskah drama satu babak siswa kelas IX SMAN 17 Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks naskah drama satu babak dengan menggunakan metode Quantum Learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,77 dan pelaksaan sebesar 3,77. 2. Siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung mampu memproduksi teks naskah drama satu babak dengan menggunakan metode Quantum Learning. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretest yaitu 67,5 dan nilai rata-rata posttest yaitu 82,7. Jadi, ada peningkatan sebesar 15,2. 3. Metode Quantum Learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks drama satu babak pada siswa kelas XI SMA Negeri 17 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan x hasil thitung 17,35 > ttabel 2,04 yakni pada tingkat kepercayaan 95% dan d.b sebesar 2,9. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: drama satu babak, Quantum Learning, , naskah , teks.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 18:31
Last Modified: 27 Sep 2016 18:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item