PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di kelas VIII A SMPN 10 Bandung)

INTAN INDAH MEGASARI, 125010005 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di kelas VIII A SMPN 10 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, media peta konsep, hasil belajar, dan peserta didik “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara di Kelas VIII A SMPN 10 Bandung)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran di SMPN 10 Bandung dengan menggunakan model inkuiri dengan media peta konsep pada materi Pancasila sebagai Dasar negara dan Ideologi Negara untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewaganegaraan. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bahwa peserta didik kurang aktif ketika proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn, hal ini terbukti dari hasil pengamatan dan observasi peneliti sebelum melaksanakan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan rancangan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data (data display), dan validitas data. Berdasarkan data hasil observasi penilaian RPP siklus I mendapatkan presentase sebesar 67% dan siklus II 87% dari data hasil observasi penilaian RPP dari siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, sedangkan hasil observasi aktivitas guru siklus I presentase sebesar 64% dan siklus II 86% data dari hasil observasi aktivitas guru mengalami suatu peningkatan, sedangkan rekapitulasi nilai tes siklus I presentase sebesar 66% dan siklus II 87% dari data rekapitulasi nilai tes siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan dalam hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besarnya model pembelajaran inkuiri dengan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:24
Last Modified: 27 Sep 2016 17:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13043

Actions (login required)

View Item View Item