PENGARUH TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NASIONAL BANDUN

SUSYANA, 125010015 (2016) PENGARUH TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NASIONAL BANDUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 .BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak motivasi dalam belajar, tidak akan mugkin melalukan aktivitas belajar. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa diantaranya adalah lingkungan yang aman, tentram , tertib dan indah, maka semangat dan motivasi belajar mudah diperkuat. Selain itu, interaksi juga memiliki pengaruh motivasi belajar siswa, yakni siswa cenderung kurang memperhatikan dan masih ada yang bicara sendiri pada saat guru memberikan pelajaran. A da pula siwa yang begitu diberikan pekerjaan rumah dia menunda menyelesaikan tugas tersebut sampai waktu - waktu terahir. Berangkat dari fenomena tersebut, masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana pengaruh teman sebaya terhadap motivasi b elajar siswa di SMA Nasional Bandung pada mata pelajaran PKn? (2) Adakah pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar di SMA Nasional Bandung pada mata pelajaran PKn? (3) Berapa besar pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa di SMA Nasional Bandung pada mata pelajaran PKn? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Yaitu metode penelitian yang memusatkan penelitian pada permasalahan yang sedang berlangsung pada saat sekarang ini, pengumpulan data menggunakan angket yang di sebarkan kepada responden, teknik pengumpulan data sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menentukan sampel berdasarkan setiap kelas, populasi dan sampel dalam pe nelitian ini adalah siswa dan siswi SMA Nasional Bandung. Sampel ini terdiri dari kelas X 12 orang, kelas XI 10orang dan kelas XII 16 orang. Jadi jumlah seluruh sampel adalah 38 orang. Teman sebaya dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivas i belajar. Dengan koefisien determinasi didapat kesimpulan bahwa terdapat pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn sebesar 39,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar teman sebaya yang berupa kondisi internal dan kondisi eksternal. Dengan demikian dapat disimpulkan teman sebaya sangat mempengaruhi motivasi belajar. Kata kunci : Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belaja r

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:23
Last Modified: 27 Sep 2016 17:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item View Item