PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas, Pada Mata Pelajaran IPA dengan Standar Kompetensi Memahami Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan,Teknologi dan Masyarakat dan Kompetensi Dasar Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Teknologi di Kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung 2015-2016)

GANDHY PERMANA, 115060138 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas, Pada Mata Pelajaran IPA dengan Standar Kompetensi Memahami Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan,Teknologi dan Masyarakat dan Kompetensi Dasar Menjelaskan Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Teknologi di Kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER Skirpsi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Gandhy Fix.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Gandhy Fix.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI Gandhy Fix.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR Pustaka Fix.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sumber daya alam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Muararajeun Bandung dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar yang rendah di dalam pembelajaran karena guru masih menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu hanya dengan menggunakan metode ceramah, sehingga keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sangat minim. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan teknik non tes untuk mengetahui sikap rasa ingin tahu peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik dengan rentang skala penilaian 10–100, pada siklus 1 rasa ingin tahu peserta didik memperoleh nilai rata-rata63, mengalami peningkatan di siklus II menjadi 75. Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66, mengalami peningkatan di siklus II menjadi78. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat dapat dijadikan sebagai metode alternative pembelajaran untuk diterapkan di Sekolah Dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:12
Last Modified: 27 Sep 2016 17:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13003

Actions (login required)

View Item View Item