PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Sistem Politik di Indonesia di kelas X B SMA Sumatra 40 Bandung)

MARIA IRPANA, 125010013 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Sistem Politik di Indonesia di kelas X B SMA Sumatra 40 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT Inggris.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Penggunaan Model Pembelajaran Think, Talk, Write Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan” merupakan penelitian tindakan kelas pada materi Sistem Politik di Indonesia. Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X B SMA Sumatra 40 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rencana pembelajaran yang dibuat oleh guru, proses pembelajaran, dan konsentrasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) pada materi Sistem Politik di Indonesia mata pelajaran PKn di kelas X B SMA Sumatra 40 Bandung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil observasi penilian RPP siklus I memperoleh persentase sebesar 70% dan siklus II sebesar 85% dari data hasil observasi penilaian RPP siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, hasil observasi aktivitas guru siklus I memperoleh persentase sebesar 73% dan siklus II sebesar 84% dari data hasil observasi aktivitas guru siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 62% dan siklus II sebesar 84% dari data hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, hasil observasi konsentrasi belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 64% dan siklus II sebesar 84% dari data hasil observasi konsentrasi belajar peserta didik siklus I ke siklus II terjadi suatu peningkatan, dan dilihat dari nilai tes setiap siklusnya mengalami peningkatan pada siklus I persentase ketuntasan mencapai 57% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar peserta didik mencapai 81%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa secara garis besar model pembelajaran Think, Talk, Write dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Konsentrasi Belajar Peserta Didik, Model Pembelajaran Think, Talk, Write

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 14:47
Last Modified: 27 Sep 2016 14:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/13001

Actions (login required)

View Item View Item