PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Masalah Sosial kelas IV SDN Cimincrang, kota Bandung)

Yuliana Nurrizki, 125060029 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Masalah Sosial kelas IV SDN Cimincrang, kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrac.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model cooperatif Learning type jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS” Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw” dilatar belakangi karena masih adanya permasalahan pembelajaran IPS khususnya dalam materi Masalah Sosial dalam meningkatkan hasil belajar yang ditunjukan oleh sumber belajar yang minim serta Metode yang digunakan masih mengedepankan pembelajaran konvensional dimana guru menjadi teacher canter dan kurang mengoptimalkan sumber belajar yang sudah tersedia. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang Sehingga Siswa kurang berperan aktif di dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model PTK Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw, Berdasarkan latar belakang yang menjadi permasalahan dalam hal ini yaitu bagaimana penerapan pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw disusun dalam pembelajaran IPS agar hasil belajar siswa kelas IV meningkat. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative Learning type jigsaw pada asiklus I menunjukan persentase hasil belajar siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatan lembar evaluasi pertemuan 1 sebesar 45.16 %, lembar evaluasi pertemuan 2 sebesar 67.74 %. Pada siklus II menunjukan persentase hasil belajar siswa yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada kegiatan lembar evaluasi pertemuan 1 sebesar 77.42% , lembar evaluasi pertemuan 2 sebesar 90.32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model cooperatif Learning type jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalah sosial di kelas IV SDN Cimincrang Kota Bandung, dan dapat dijadikan salahsatu alternatif model pembelajaran yang baik. Kata Kunci : Model cooperatif Learning type jigsaw,Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 14:41
Last Modified: 27 Sep 2016 14:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item