UPAYA GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA (Studi Deskriptif Analisis di SMA PGRI 1 Bandung)

SUSILAWATI, 125010030 (2016) UPAYA GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA (Studi Deskriptif Analisis di SMA PGRI 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
A. COVER SKRIPSI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. ABSTRACT.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
M. BAB I.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
N. BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Kewarganegaraan bukan hanya berperan dalam memberikan materi pembelajaran saja, tetapi juga berperan dalam mendidik, membina, dan mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik termasuk di dalam kedisiplinan dan tanggung jawab, agar siswa bisa menjadi manusia-manusia yang bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Peneliti mengambil judul “Upaya Guru PKn dalam Meningkatkan kedisiplinan dan Tanggung Jawab”. Dengan rumusan masalah yang diteliti yaitu “Bagaimana upaya guru Pkn dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk “(1) untuk mengetahui upaya guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran. (2) untuk mengetahui pendekatan yang dilakukan guru PKn dalam upaya meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab pada siswa ketika diluar kelas, (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengatasi pelanggaran kedisiplinan dan tanggung jawab siswa, (4) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang di alami guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Penulis menggunakan metode deskriptif analitis yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dalam menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya, merumuskan pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, yang aktual, data di kumpulkan, disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisis. Kesimpulan hasil penelitian yaitu : (1) guru PKn di SMA PGRI 1 Bandung dapat melaksanakan program pembelajaran sesuai dengan perannya sebagai guru Pendidikan Kewarganegaraan yang mendidik, mengerahkan, memotivasi, membimbing dan memberi contoh tauladan yang baik bagi siswa, (2) guru PKn di SMA PGRI 1 Bandung memberika arahan–arahan tentang sikap disiplin dan tanggung jawab, memotivasi siswa untuk selalu bersifat disiplin, (3) memberikan sanksi yang berkaitan dengan materi pembelajaran seperti membacakan pancasila maupun undang–undang dasar di depan kelas, (4) guru PKn di SMA PGRI 1 Bandung mampu mengatasi setiap hambatan–hambatan yang dialami dalam meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa yaitu dengan memberikan nasihat–nasihat kepada siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 13:54
Last Modified: 27 Sep 2016 13:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12980

Actions (login required)

View Item View Item