UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Halimun Bandung)

IIS SANTIKA SARI, 125060136 (2016) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas III Sekolah Dasar Negeri Halimun Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFPUS.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Discovery Learning” dilatarbelakangi dengan permasalahan yang ada dilapangan dari hasil observasi awal Pendidik kurang mengerti cara membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Pendidik kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, bahkan tidak jarang tidak menggunakan media saat pembelajaran. Kurangnya minat siswa dalam belajar dilihat dari siswa sering merasa bosan, jenuh, tak jarang sibuk bermain, mengobrol, dan mengganggu teman yang sedang belajar karena penggunaan model pembelajaran yang monoton dan tidak adanya penggunaan media. Hasil belajar rendah, dari beberapa tes yang diberikan ada beberapa siswa yang belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SDN Halimun melalui model discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengadaptasi model Arikunto dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada minat belajar siswa pada siklus I mencapai 61% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 81.3%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I 53.3% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 90% Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi subtema perkembangbiakan tumbuhan. Saran yang diberikan hendaknya guru merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, memilih model dan media yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa agar pembelajaran dapat optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 27 Sep 2016 13:34
Last Modified: 27 Sep 2016 13:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item