PENGGUNAAN MODEL AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN CICALENGKA 10 KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cicalengka 10 Kab.Bandung )

SUCI NURLIANI, 125060262 (2016) PENGGUNAAN MODEL AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN CICALENGKA 10 KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Cicalengka 10 Kab.Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDO.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrk inggrs.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar isi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. Daftar pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kenampakan alam pada siswa kelas IV SDN Cicalengka 10 dengan menerapkan model Audio Visual . penelitian ini di laksanakan di kelas IV SDN Cicalengka 10 Kabupaten Bandung . Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus , setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan . Subjek penelitian sebanyak 30 orang yang akan terdiri dari 18 laki-laki dan 12 siswa perempuan . Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat katagori sangat baik untuk aktivitas dan hasil belajar yang di tunjukan dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 70 . Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 aktivitas belajar siswa mencapai 55% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu sebanyak 87%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang segnifikan setiap siklusnya. Pada siklus 1 persentase siswa yang tuntas sebesar 75,2% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan 93 %. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukan hasil yang positif terdapat pembelajaran IPS dengan menerapkan model Audio Visual , karena model Audio Visual ini berpusat pada siswa dimana siswa dapat mengembangkan pengetahuan berfikir yang telah mereka miliki maupun pengetahuan baru untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata yang diaplikasikan dengan pembelajaran yang berlangsung. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil tersebut , dapat disimpulkan bahwa penerapan model Audio Visual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalah kenampakan alam dikelas IV SDN Cicalengka 10 Kabupaten Bandung. Kata Kunci : Model Audio Visual, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2016 14:41
Last Modified: 27 Sep 2016 14:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12968

Actions (login required)

View Item View Item