PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN 2 Lebak Anyar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta)

DEWI PUSPITA RAHAYU, 125060229 (2016) PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENING KATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN 2 Lebak Anyar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indo.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa serta rendahnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA . Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian m ateri berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Lebak Anyar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta. Upaya meningkatkan h asil belajar siswa dengan menerapkan metode mind mapping sebagai alternatif dalam pemecahan masalah dan sebagai strategi dalam memperbaiki masalah pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah siswa kelas IV SDN 2 Lebak Anyar yang berjum lah 21 orang siswa, 13 orang perempuan dan 8 orang laki - laki. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA . Model penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Ke mmis dan Taggart . Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar pada siklus I pertemuan 1 33,33% tuntas dan 66,66% belum tuntas , siklus I pertemuan 2 42,85 % tuntas dan 57,14 % belum tuntas , dan pada siklus II pertemuan 3 80, 95 % tuntas dan 1 9 , 04 % belum tuntas , siklus II pertemuan 4 85,71 % tuntas dan 14,28 % belum tuntas . H al ini berar ti telah terdapat adanya suatu perubahan peningkatan kualitas pembelajaran, maka dari itu dapat dikatakan berhasil. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan metode mind mapping sangat menunjang terhadap hasil belajar siswa. De ngan demikian, penggunaan metode Mind Mapping dapat dijadikan salah satu metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA SD. Kata Kunci: hasil belajar, mind mapping , pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Sep 2016 13:34
Last Modified: 27 Sep 2016 13:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item