PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KERJA SAMA DALAM MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SDN BUDIKARYA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Budikarya Kabupaten Bandung Barat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016)

IRA ROSITA, 125060133 (2016) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KERJA SAMA DALAM MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS IV SDN BUDIKARYA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Budikarya Kabupaten Bandung Barat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ANU IRA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Budikarya Kab. Bandung Barat dengan Subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya Hasil Belajar dan Kerja Sama Siswa dalam menulis cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Kerja Sama dalam menulis cerita melalui penggunaan model Kooperatif Tipe Round Table. Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus atau tindakan, dari setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga memperoleh hasil yang diharapkan. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I 50% dan siklus II 85%. Sedangkan untuk tes pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 88% dan siklus II 94%. Selain itu, untuk penilaian RPP diperoleh data yang menunjukan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I 92,5% dan siklus II 95%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu siklus I 88% dan siklus II 94%. Berdasarkan hasil tersebut, maka pembelajaran menulis cerita menggunakan model kooperatif Round Table dapat meningkatkan hasil belajar dan kerja sama berdasarkan hasil penelitian tersebut model kooperatif Round Table direkomendasikan sebagai salah satu alternatif inovasi pembelajaran untuk mengatasi masalah-masalah pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Round Table, hasil belajar dan kerja Sama.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:35
Last Modified: 26 Sep 2016 21:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item