RENITA FITRIYANI, 125060327 (2016) MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER_.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text
BAB I FIX .pdf Download (357kB) |
||
Text
BAB II Renita .pdf Download (703kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran ips. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada Kelas IV SDN Muararajeun dalam materi perkembangan teknologi transportasi dan Bagaimana penerapan model Discovery Learning dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Muararajeun pada Mata perkembangan teknologi transportasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajen. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik kemampuan menumbuhkan rasa percaya diri maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I kemampuan menumbuhkan rasa percaya diri siswa sebesar 66,75%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 44%. Pada siklus II kemampuan menumbuhkan rasa percaya diri siswa sebesar 80%, sedangkan hasil belajar siswa sebesar 92% dengan perolehan rata-rata siswa sebesar 80. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulam bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Dsicovery Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Muararajen merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 19:27 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 19:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12899 |
Actions (login required)
View Item |