PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia kelas V SDN Purwasari 1 Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2016/2017)

ANISA PRATIWI, 125060017 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia kelas V SDN Purwasari 1 Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indo.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I anisa.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II anisa.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Purwasari 1 Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang pada materi tokoh-tokoh sejarah Hindu, Budha dan Islam di Indonesia dengan menggunakan model Problem Based Learning tipe Picture and Picture. Penelitian ini didasari dari kurangnya siswa memahami materi pada pembelajaran IPS sehingga berdampak pada hasil belajar yang cenderung rendah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning tipe Picture and Picture dan kinerja peneliti sebagai guru. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penilaian RPP, lembar observasi penilaian pelaksanaan pembelajaran guru/peneliti, lembar penilaian angket respon siswa, lembar evaluasi posttest, lembar kerja kelompok dan lembar evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning tipe Picture and Picture berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil belajar siswa yang pada awal hanya 32% siswa yang dinyatakan tuntas, kemudian siklus I meningkat 72% dan siklus II meningkat menjadi 92% siswa dinyatakan tuntas dari keseluruhan siswa sebanyak 25 orang. Hal itu tentu sudah melebihi target yaitu 80% siswa yang dinyatakan tuntas. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning tipe Picture and Picture terbukti sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Picture and Picture, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:55
Last Modified: 26 Sep 2016 18:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12893

Actions (login required)

View Item View Item