PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEX TUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BE LAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKA RAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN IP

perpustakaan (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEX TUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BE LAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKA RAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DALAM PEMBELAJARAN IP. fkip unpas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penumbuhan sikap percaya diri serta hasil belajar siswa dengan meggunakan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning yang dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan yang mengak ibatkan kurangnya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa di bawah KKM 70. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah peneli ti an tindakan kelas ( Classroom Action Research ). Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru mener apkan strategi pembelajaran yang tetap. Subjek tindakan adalah siswa kelas I V SD Negeri Kebon Gedang 02 yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap sik lusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerap a n model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dapat menumbuhkan sikap percaya diri serta meningkatkan hasil be lajar siswa yang berdampak langsung pada hasil belajar siswa kelas I V SD Negeri Kebon Gedang 02 . Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang ada peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 95,83 % dari hasil awal 37,50 % Pada si klus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 95,80 % Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan proses pembelajaran yang nyata untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap - tahap yang melatih kemampuan siswa. Berdasarkan data yang dipe roleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning berhasil ditingkatkan . Kata kunci : Contexstual Teaching and Learning , Hasil Belajar Siswa, Percaya

Item Type: Patent
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 26 Sep 2016 21:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item