MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN

YULITA ASRIA WARSIDAH, 125060143 (2016) MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas III SDN Dewi Sartika Kec. Ciparay Kab. Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar dan melihat kenyataan dilapangan, ditemukan beberapa masalah khususnya dalam pembelajaran IPS yaitu kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa masih rendah pada materi lingkungan alam dan buatan. Berdasarkan pada masalah tersebut maka peneliti mencoba melaksanakan pembelajaran IPS dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode inkuiri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu dapatkah metode inkuiri meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III SDN Dewi Sartika Kec. Ciparay Kab. Bandung dalam mata pelajaran IPS materi lingkungan alam dan buatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, kamera foto, LKS dan LKK. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan dua siklus, dalam satu siklus dilakukan dua pertemuan. Hasil observasi penelitian ini dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil penilaian RPP yang diperoleh 3,38 (baik) persentase 84%, siklus II meningkat menjadi 3,75 dengan persentase 94% (sangat baik). Pada siklus I rata-rata aktivitas guru 3,43 persentase 86% (baik), siklus II meningkat menjadi 3,74 persentase 93% (sangat baik). Pada siklus I rata-rata aktivitas kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh persentase 48%, siklus II meningkat menjadi 93%. Pada siklus I hasil belajar persentase rata-rata nilai LKS siswa memperoleh 48%, sedangkan persentase LKK memperoleh 52%, siklus II hasil belajar meningkat persentase rata-rata nilai LKS siswa mencapai 82%, sedangkan persentase LKK mencapai 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengunaan penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III SDN Dewi Sartika Kec. Ciparay Kab. Bandung. Rekomendasi penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dapat dijadikan alternatif untuk melakukan inovasi pembelajaran di kelas, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Inkuiri, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 26 Sep 2016 21:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12869

Actions (login required)

View Item View Item